Cakupan dan Estimasi Awal Harga Sebuah SAP

13 March 2008

SAP adalah singkatan dari "Sistem, Application and Product in Data Processing". Dinamakan SAP R/3 karena berkaitan dengan arsitekturnya yang 3-tier (Database, Application Server dan Client/SAPgui). Sedangkan sebelumnya, SAP hanya berjalan di mainframe.

Awalnya, SAP hanya berkecimpung di dunia ERP (awalnya MRP) yang sangat erat kaitannya dengan intern produksi dalam perusahaan. Namun perkembangan bertambah pesat, dan cakupan SAP telah meluas (dapat dikatakan ERP-II) karena bisa diintegrasikan dengan Advanced Planner and Optimizer (APO), Business Information Warehouse (BW), Customer Relationship Management (CRM), Supply Chain Management (SCM), Supplier Relationship Management (SRM), Human Resource Management Systems (HRMS), Product Lifecycle Management (PLM), Exchange Infrastructure (XI), Enterprise Portal (EP) dan SAP Knowledge Warehouse (KW).

SAP sendiri memiliki 3 jenis produk:

- My SAP Business Suite atau yang lebih dikenal dengan nama R/3. Merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sudah memiliki ratusan customer yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Merupakan full customise system, menggunakan bahasa pemrograman sendiri (ABAP). Untuk mengimplementasikan produk yang satu ini, anda perlu meluangkan investasi min US$ 500.000, waktu implementasi min 1 thn, serta team IT yang solid dan capable. Ilustrasinya: Anda ingin membuat rumah, disediakan tanahnya, bahan bangunan, arsitek, kontraktor, buruh, tapi design & perencanaan silahkan anda develop dan rundingkan sendiri dengan resources yang anda miliki.

- My SAP All-in-One, atau A1, merupakan turunan dari R/3 yang sudah memiliki best practice dari industri vertical tertentu (mis: trading, distribusi, manufacture, building management, etc.) Sama seperti R/3 merupakan full customise system juga, akan tetapi sudah ada rangka best practice-nya. Programming language: ABAP. Untuk mengimplementasikan produk yg satu ini, persiapkan investasi sebesar min US$ 150.000, dengan waktu implementasi min 6 bln, serta team IT yg solid & capable. Ilustrasinya: Kerangka dan design rumah sudah ada, tinggal anda customise sesuai keinginan anda.

- My SAP Business One atau B1, merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Dengan general modul yg bisa dipergunakan di semua jenis perusahaan, B1 memiliki keunggulan dengan adanya fondasi yang kuat, ditopang oleh flexibilitas program mengikuti business proses dari customer menggunakan Add On modul. Investasinya berkisar dari US$ 30.000 - 100.000 dengan waktu implementasi mulai 20 man days. Ilustrasi: bangunan rumah sudah ada, tinggal pilih interior, warna cat, dekorasi dll.

3 orang memberi komentar:

Yessi Pratiwi Surya Budhi said...

Hoho... tampak susye :(

abudiyono said...

silakan hubungi mas Joko langsung untuk became fico expert di jsupriyanto@gmail.com

Wijoyo Simanjuntak said...

@Yessi Pratiwi Surya Budhi:
sepertinya begitu

@abudiyono:
siap pak...meluncur ke TKP