Twilight

03 July 2008

Apa yang langsung teringat ketika kita mendengar kata Twilight??

Twilight --- Bagus ya namanya. Sesuai dengan kata yang ada di dalamnya. Light artinya sinar.

Lalu apakah perbedaan Twilight dengan sinar yang lainnya, sehingga bisa mempunyai nama tersendiri??

Twilight adalah suatu fenomena optik meteorologi. Twilight itu sendiri muncul karena adanya pemencaran cahaya oleh partikel di atmosfer. Kesimpulannya adalah twilight itu sinar yang tampak sesaat sebelum matahari terbit di ufuk timur dan sesaat sebelum matahari tenggelam di ufuk barat, menimbulkan warna tertentu di sekitar batas horizon, biasanya merah jingga.

Hmm... Cahaya yang terpancar bahkan sebelum sumbernya ada. Untuk apa?? Untuk membantu manusia untuk mempersiapkan diri. Sehingga pada saat matahari sudah benar2 di atas, manusia sudah siap menjalani harinya dan melaksanakan tugas-tugasnya. Kalau begitu sudah berapa pagi yang kita gunakan untuk melihat twilight?? Atau kita malah mengeluh malas di tempat tidur karena pagi telah datang??

Cahaya yang masih terpancar bahkan setelah sumbernya sudah menghilang di balik cakrawala. Untuk apa?? Untuk memperingatkan manusia bahwa hari menjelang malam agar segera menyelesaikan tugas-tugasnya dengan bantuan sinar terakhir. Kalau begitu sudah berapa senja yang kita gunakan untuk melihat twilight?? Atau kita masih saja terkonsentrasi dengan pekerjaan kita??

Seringkali kita hanya berpusat dan mementingkan diri sendiri. Gunakanlah waktu sebaik mungkin sehingga kita bisa bersyukur karena sempat melihat keindahan alam kita. Salah satunya adalah Twilight. Cahaya yang bekerja bahkan lebih lama daripada sumbernya. Memancarkan sinar pucatnya pada pagi hari karena belum banyak mendapatkan energi. Dan tetap memancarkan sinarnya pada senja walaupun cahayanya mulai memudar dan menghilang.

Apa yang diberikannya semata-mata hanyalah untuk manusia. Selanjutnya hiduplah seperti twilight, yang dari lahir sampai hari tuanya dia selalu memberikan apa yang ada. Dan tidak pernah bosan untuk lahir lagi di keesokkan hari.

Walaupun aku yakin bahwa dia tau banyak manusia yang tidak menyadari arti dirinya.

3 orang memberi komentar:

Anonymous said...

ooo....baru tahu kalo sinar merah jingga di langit itu namanya twilight...

Wijoyo Simanjuntak said...

@usviany:
iya kak...dan klo ga salah, itu yang dipakai saudara2 yang muslim untuk menentukan jam untuk sahur, imsak, dll...

talitha vania said...

setuju banget ma kata2 terakhirnya bagus dan bisa jadi inspirasi buat yang ngebacanya..