Apa yang dilakukan setelah keluar dari penjara gajah?

29 February 2008

Sebagian orang pasti bertanya, apa yang harus dilakukan setelah wisuda. Mereka bertanya demikian karena belum memiliki kepastian/arah hidup, juga telah memilikinya namun masih ragu apakah rencananya benar atau tidak.

Pada dasarnya, hampir semuanya memiliki persamaan, terutama dalam "apa yang melandasi mereka memilih langkah berikutnya". Ada yang berpikir loncatan karir, keuangan yang kurang memadai, prestise, pengalaman kerja, perusahaan keluarga, tawaran menggiurkan dari teman, dan lain-lain. Lalu apa yang menjadi landasan anda dalam memilih langkah setelah wisuda?

Berikut adalah sebagian pilihan (yang banyak dipilih lulusan universitas) setelah kuliah:
  1. Bekerja di perusahaan yang sudah well-known
  2. Kuliah S-2 di dalam atau luar negeri
  3. Bergabung dengan teman-teman dan mendirikan perusahaan baru
  4. Melanjutkan usaha keluarga
  5. Dilamar (sebagian wanita melakukannya)
  6. Beralih profesi (kebanyakan ke kegiatan kerohanian)
  7. Memilih tidak bekerja (mungkin dia memiliki kesempatan untuk menikmati hidup tanpa harus berusaha lagi???)
  8. Bekerja mandiri (bagi orang-orang dengan pekerjaan profesional seperti dokter, dokter gigi, akuntan tunggal publik, konsultan tunggal, pemilik keahlian yang khusus, dan lain-lain)

Apa yang akan menjadi pilihan saya?
Saya rasa, pilihan kedua cukup menarik. Bisa kuliah di luar negeri dan menemukan hal-hal yang baru adalah tantangan yang ingin kucapai. Bukan karena universitas luar negeri lebih baik/lebih bergengsi dari universitas yang ada di indonesia, tapi kuliah di luar negeri bisa membuka wawasan baru yang nantinya sangat diperlukan ketika bekerja/berusaha.

Mari kita lihat, seperti apa seorang "Joyo" dalam 5 tahun ke depan....
Hehehe, jadi penasaran niy

0 orang memberi komentar: